Jumat, 26 Oktober 2007

Jiiiihaaaad

Dari Abbas bin Malik r.a, Rasulullah s.a.w. bersabda: "Sesungguhnya berjihad untuk agama Allah pada waktu pagi atau petang hari lebih baik dari dunia dan seisinya." (Sahih Bukhari)

Dari Zaid bin Khalid Aljuhani r.a, Rasulullah s.a.w bersabda: "Siapa yang menyiapkan keperluan orang yang berjihad fisabilillah maka berarti dia telah berjihad dan siapa yang menjaga keluarga orang yang pergi berjihad dengan baik maka berarti dia telah ikut berjihad fisabilillah." (HR Bukhari & Muslim)

Dari Abayah bin Rifaah r.a, katanya ia bertemu dengan Abu Abbas ketika dia pergi ke Jumaat. Abu Abbas berkata kepadanya bahwa dia mendengar Nabi s.a.w bersabda: "Barangsiapa berdebu kedua kakinya karena berjalan di jalan Allah niscaya diharamkan Allah baginya api neraka." (Sahih Bukhari)

Dari Aisyah r.a, Rasulullah s.a.w ditanya tentang Hijrah maka bersabda Rasulullah s.a.w: "Tidak ada lagi Hijrah sesudah penaklukan Mekah. Yang ada ialah jihad dan niat yang soleh. Apabila kamu diperintahkan berjihad maka patuhlah." (Sahih Muslim)

Dari Abdul Rahaman bin Jabr r.a, Rasulullah s.a.w bersabda: "Kedua telapak kaki hamba Tuhan yang berdebu karena berjihad agama Allah tiada disentuh api Neraka." (Sahih Bukhari)

"Barang siapa mencari mati syahid dengan sungguh-sungguh maka akan Aku berikan kepadanya meskipun dia mati di atas tempat tidurnya." (HR Muslim)

"Sesungguhnya orang mukmin yang berjihad dengan pedang dan lidahnya. Demi Allah, sesungguhnya serangan kamu terhadap mereka (golongan kafir) dengan sajak-sajakmu laksana lemparan panah yang tajam." (HR Ahmad)

"Jihad orang tua dan kanak-kanak dan orang lemah dan orang perempuan ialah haji dan umrah" (HR Nasaai)

"Jihad yang paling utama adalah (mengucapkan kata-kata benar di sisi pemerintah yang zalim)" (HR Ibnu Majah, Ahmad, Thabarani & Nasaai)

"Tiap mata pasti akan menangis pada hari Kiamat, kecuali mata yang dipejamkan dari segala yang haram dan mata yang berjaga malam dalam jihad fisabilillah dan mata yang mentitiskan air mata walaupun sebesar kepala lalat karena takutkan Allah." (HR Abu Na'im)

"Siapa yang berperang untuk menegakkan (agama) Allah, maka itu fisabilillah." (HR Bukhari)

"Pokok segala perkara itu adalah Al-Islam dan tonggak Islam itu adalah shalat, dan puncak Islam itu adalah jihad di jalan Allah." (HR Ahmad, Tirmidzi, dll)

Dari Abdullah bin Umar r.a: Dalam sejumlah peperangan Nabi s.a.w menemukan perempuan yang terbunuh. Rasulullah s.a.w mengutuk pembunuhan (dalam peperangan) terhadap para perempuan dan anak-anak. (Sahih Bukhari)

Dari Ibnu Umar r.a katanya, Dalam sejumlah perang suci kami pernah memperoleh madu dan anggur sebagai rampasan perang. Kami memakannya dan tidak menyimpannya. (HR Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a katanya, Rasulullah s.a.w menamakan peperangan itu tipu daya. (Sahih Bukhari)

Dari Ibnu Abbas r.a. katanya; "Nabi s.a.w. pernah berbekam, pada hal beliau sedang berpuasa." - Sahih Bukhari
Nabi s.a.w. bersabda; "Seutama-utama perjuangan seseorang terhadap dirinya sendiri dan hawa nafsunya." - Riwayat Bukhari dan Muslim

Tidak ada komentar: