Jumat, 26 Oktober 2007

Akidah

Akidah

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Allah Taala menggenggam bumi pada hari kiamat dan melipat langit dengan tangan kanan-Nya, kemudian berfirman, Akulah Raja, Mana raja-raja bumi?" (HR Muslim)

"Dari Umar Bin Khattab r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Iman ialah, engkau percaya dengan Allah, dengan para Malaikat-Nya, dengan Kitab-kitab-Nya, Dengan Para Rasul-Nya, dengan Hari Kiamat dan engkau percaya dengan nasib, baik dan buruknya (hakikatnya datang daripada Allah) (HR Muslim)"

"Dari Umar Bin Khattab r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Ihsan ialah bahwa engkau sembah Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Maka jika engkau tidak dapat melihat-Nya maka sesungguhnya Ia melihat engkau. (HR Muslim)"

Dari Umar al-Kattab r.a, Rasulullah s.a.w bersabda: "Fikirkanlah mengenai segala nikmat Allah dan pemberian-Nya dan janganlah kamu memikirkan tentang zat Allah" (HR Al-Shekih & At-Thabarani)

"Dari Umar Bin Khattab r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Islam ialah, bahwa engkau mengaku, tidak ada tuhan melainkan Allah dan Muhammad itu Rasulullah, engkau tegakkan sembahyang, engkau keluarkan zakat, engkau puasa di bulan Ramadan dan engkau tunaikan haji ke Baitullah, jika engkau telah sanggup pergi ke sana (HR Muslim)"

"Orang yang paling beruntung menperolehi syafaatku pada hari kiamat adalah orang yang berkata, 'Laa ilaaha illallaah' (HR Bukhari)"

"Dari Abi Abdurrahman Abdillah bin Umar bin Khattab r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Bangunan Islam itu atas lima perkara: Mengakui bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad itu Utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Mengerjakan Haji ke Baitullah dan Puasa bulan Ramadhan.(HR Bukhari & Muslim)"

"'Dari Saidina Usman r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Barangsiapa mati dalam keadaan dia yakin tiada Tuhan selain Allah maka dia masuk Syurga. (Sahih Muslim)"

Dari Jarir bin Abdullah r.a ia berkata, Ketika kami tengah duduk bersama Rasulullah s.a.w tiba-tiba beliau memandang pada rembulan purnama dan bersabda: "Sesungguhnya, kamu dapat melihat Tuhanmu seperti kamu melihat rembulan itu. Kamu semua dapat melihat-Nya dengan jelas. Apabila kamu mampu tidak lalai dalam melakukan salat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam (yaitu salat Asar dan Subuh)". Kemudian Jarir membaca firman Allah: "Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam" (HR Muslim)

"Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Iman tidak diperoleh hanya dengan angan-angan atau dengan hiasan, tetapi iman itulah apa-apa yang diyakini dengan hati dan dibuktikan dengan amalan. (HR Bukhari)"

Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, Allah Taala berfirman, Aku sesuai dengan sangkaan hamba-Ku terhadap-Ku. Aku bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Akupun mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu kumpulan kaum, maka Aku akan mengingatnya yang lebih baik daripada yang mereka lakukan. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, Aku akan mendekatinya sedepa. Apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan biasa, maka Aku akan datang padanya dengan berlari-lari kecil (HR Muslim)

"Dari Anas r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Akan datang kepada umat ku suatu zaman di mana orang yang berpegang kepada agamanya laksana menggenggam bara api. (HR Tirmizi)"

"Dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Barangsiapa telah meredhai Allah menjadi Tuhannya, Muhammad menjadi Rasulnya, Islam menjadi agamanya, maka itulah orang yang telah merasa kelezatan iman.(HR Al-Baghawi)"

"Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Apabila seseorang memeluk Islam dengan tulus, Allah akan memaafkan semua dosanya di masa lalu, kemudian setelah itu mulai diadakan perhitungan, pahala untuk setiap perbuatan baik yang dilakukannya dilipatgandakan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat sedangkan setiap dosa yang dilakukannya akan dicatat sebanyak dosa yang dilakukannya, kecuali apabila Allah memaafkannya.(HR Bukhari)"

"Dari Sufyan bin Abdullah ats Tsaqafi r.a, katanya dia bertanya kepada Rasulullah s.a.w,
"Ya Rasulullah! Ajarkanlah kepadaku suatu perkataan yang aku tidak perlu lagi bertanya kepada orang lain." Jawab Rasulullah s.a.w: "Ucapkanlah, Aku beriman kepada Allah, kemudian teguhkan pendirianmu itu. (Sahih Muslim)"

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Janganlah kamu jadikan rumah-rumah kamu sebagai kuburan, dan janganlah kamu jadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, tetapi ucapkanlah shalawat untukku karena sesungguhnya ucapan shalawat sampai kepadaku dimanapun kamu berada. (HR Abu Dawud)"

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Setiap nabi memiliki doa yang selalu digunakan. Aku ingin menyimpan doaku untuk memberi syafaat bagi umatku nanti pada hari kiamat (HR Muslim)"

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Setiap bayi yang terlahirkan adalah dalam keadaan fithrah (Islam), maka kedua ibu-bapaknyalah yang akan menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi. Sama halnya sebagai seekor hewan ternak, maka dia akan melahirkan ternak pula dengan sempurna, tiada kamu dapati kekurangannya. (Sahih Bukhari)"

"Tidak seorang pun dari umat ini yang mendengar tentangku, baik Yahudi atau Nashrani, kemudian tidak beriman kepadaku, melainkan akan dimasukkan ke neraka (HR Muslim)"

“Takutlah kamu sekalian pada firasat orang yang beriman, karena sesungguhnya ia melihat dengan cahaya Allah. (HR Tirmidzi)"

"Bergembirlah kamu dan orang-orang di belakangmu, bahwa sesungguhnya barangsiapa barsaksi tiada Tuhan selain Allah dengan benar kesaksiannya ia masuk syurga (HR Ahmad & Thabraani)"

"Barangsiapa yang menyeru manusia kepada hidayah, dia mempunyai pahala seperti pahala yang dicapai oleh orang yang menyahut seruannya tanpa mengurangi pahala mereka yang menyambut seruannya, semakin banyak orang yang mengikuti seruannya semakin berlipat ganda pahala yang diperolehinya. (HR Muslim)"

"Allah tidak akan mencabut kehinaan itu dari dirimu sebelum kamu rujuk (kembali) kepada dien kamu
(HR Abu Dawud)"

"Jadilah kamu seperti sahabat-sahabat Nabi Isa a.s, dibelah kepala dan jasad mereka dengan gergaji-gergaji dan disula mereka dengan kayu-kayu. Mati dalam keadaan taat kepada Allah lebih baik daripada hidup dalam keadaan durhaka kepada Allah s.w.t" (HR Thabrani)

"Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikan akan agama, Allah dalamkan fahamannya dalam agama diberikan ilham kepada kebenarannya." (Sahih Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda: "Setelah Allah menciptakan makhlukNya, ditulisNya satu tulisan untuk diriNya dan diletakkannya di sisiNya di atas 'Arasy, yaitu "Sesungguhnya sayangKu melebihi marahKu." (Sahih Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda: "Sesungguhnya Allah Taala berfirman pada hari kiamat kelak: 'Mana orang yang saling mencintai karena keagunganKu? Hari ini Kunaungi mereka, dimana tidak ada naungan yang lain selain keagunganKu.'" (Sahih Muslim)

Dari Anas r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Tidak (sempurna) iman seseorang kamu sebelum ia lebih mencintai aku daripada mencintai ibu-bapanya, anaknya dan manusia umumnya." (Sahih Bukhari)

Dari Anas r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Tiga perkara, jika terdapat di dalam diri seseorang maka dengan perkara itulah dia akan memperoleh kemanisan iman: Seseorang yang mencintai Allah dan RasulNya lebih daripada selain keduanya, mencintai seorang hanya karena Allah, tidak suka kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya dari kekafiran itu, sebagaimana dia juga tidak suka dicampakkan ke dalam Neraka". (HR Bukhari & Muslim)

"Barangsiapa cinta karena Allah dan benci karena-Nya, memberi karena Allah dan menahan karena-Nya, adalah orang itu memperoleh kesempurnaan iman" (HR Abu Dawud & Tirmizi)

"Allah tidak akan mencabut kehinaan itu dari dirimu sebelum kamu rujuk (kembali) kepada dien kamu (HR Abu Dawud)"

Dari Anas bin Malik r.a katanya, Seorang lelaki yang berasal dari pedalaman bertanya Rasulullah s.a.w, Bilakah berlakunya Kiamat? Rasulullah s.a.w bersabda: "Apakah persediaan kamu untuk menghadapinya?" Lelaki itu menjawab: "Cinta kepada Allah dan RasulNya." Rasulullah s.a.w bersabda: "Kamu akan tetap bersama orang yang kamu cintai." (Sahih Muslim)

Dari Ma'qil bin Yasar r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Beribadat di saat-saat huru hara (dunia kacau balau) adalah seperti berhijrah kepadaku" (Sahih Muslim)

Khalifah Umar bin Khattab r.a:
"Sungguh aku tahu bahwa engkau (hajar aswad) hanyalah seonggok batu yang tidak dapat memberi manfaat dan menolaknya. Kalau bukan karena aku melihat Rasulullah s.a.w menciummu niscaya aku tidak suka menciummu." (HR Bukhari & Muslim)

"Jauhilah oleh kalian perkara baru, karena sesuatu yang baru (di dalam agama) adalah bid'ah, dan setiap bid'ah adalah sesat" (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi & Hakim)

"Barangsiapa yang mengada-ada sesuatu dalam urusan agama kami yang tidak ada dasarnya maka amalnya tertolak." (HR Bukhari & Muslim)
"Amal yang disukai Allah adalah apabila engkau mati sedang lidahmu basah karena menyebut nama Allah" (HR Ibdu Hibban & Ibnu Suni)

"Seorang mukmin berada di antara lima ancaman. Yaitu ancaman dari sesama muslim (yang hasad), dari orang munafik yang selalu membencinya, dari orang kafir yang selalu memeranginya, dan syetan yang selalu berusaha menyesatkannya, dan dari hawa nafsunya yang selalu menarikya ke arah kesesatan." (HR Abu Bakar bin Hilal)

"Dua mata yang diharamkan dari api neraka, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang menjaga serta mengawasi Islam dan umatnya dari gangguan kaum kufar." (HR Bukhari)

Tidak ada komentar: