Jumat, 26 Oktober 2007

Do’a

Do’a
"Perumpamaan rumah yang di dalamnya ada dzikrullah, dan rumah yang tidak ada dzikrullah di dalamnya adalah (laksana) perumpamaan antara yang hidup dengan yang mati". (HR Muslim & Abu Musa)

"Maukah aku beritahu amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Robbmu serta lebih baik dari menerima emas dan perak dan lebih baik bagimu dari pada berperang dengan musuhmu yang kamu potong lehernya atau mereka memotong lehermu?" Para sahabat lalu menjawab, "Ya." Rasululloh berkata "Zikrulloh." (HR Ahmad & Ibnu Majah)

"Zikir yang paling utama adalah "Laa ilaaha illallah", dan doa yang paling utama adalah "Alhamdu lillah" (HR Tirmidzi, Nasaai, Ibnu Majah & Haakim)

"Apabila kamu berdo'a janganlah berkata, "Ya Allah, ampunilah aku kalau Engkau berkendak, rahmatilah aku kalau Engkau berkehendak dan berilah rezeki kalau Engkau menghendaki". Hendaklah kamu bermohon dengan kesungguhan hati sebab Allah berbuat segala apa yang dikehendaki-Nya dan tidak ada paksaan terhadap-Nya. (HR Bukhari & Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda: "Doa seseorang itu akan dikabulkan selagi dia tidak terburu-buru menyebabkan dia berkata: Aku berdoa tetapi tidak dimakbulkan." (HR Bukhari & Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Allah SWT akan turun ke langit dunia setiap malam ketika sepertiga malam yang terakhir, seraya berfirman: Sesiapa yang berdoa kepadaKu, maka Aku akan menerima permintaannya dan sesiapa yang meminta keampunan dariKu maka Aku akan mengampuninya." (HR Bukhari & Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Janganlah kamu mengatakan, 'Ya Allah! Ampunilah aku, jika Engkau mau; Ya Allah! kasihilah aku, jika Engkau mau', tetapi berserah dirilah kepada Allah karena tak seorang pun yang dapat menentang kemauan-Nya." (HR Bukhari)

Dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Takutilah do'a orang-orang yang teraniaya, karena sesungguhnya antara dia dan Allah tidak ada dinding (penghalang)." (Sahih Bukhari)

"Takutlah kamu akan doa orang yang teraniaya, sesungguhnya doa orang yang teraniaya diangkat di atas awam" (HR Thabraani)

Dari Jabir r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Pada malam hari ada satu saat (yang berkat) dimana jika seseorang Muslim menepati saat itu dan berdoa kepada Allah s.w.t meminta keberkatan dunia atau akhirat, niscaya Allah kabulkan doanya. Keadaan ini pada tiap-tiap malam." (Sahih Muslim)

Dari Abu Musa r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:
"Allah 'Azza wa Jalla membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat orang yang bersalah siang hari, dan membentangkan tangan-Nya siang hari untuk menerima taubat orang yang bersalah malam hari, sehingga matahari terbit di Barat." (HR Muslim)

Rasulullah s.a.w mengatakan ada seseorang yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, wajahnya penuh debu, dan dia menadahkan tangannya ke langit seraya berdoa,
"Ya Rabbi.. ya Rabbi.." Tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan dia diberi makan dari yang haram pula. Jika begitu, bagaimana Allah akan mengabulkan doanya? (HR Muslim)

"Ibadat yang paling utama adalah berdoa" (HR Haakim, Ibnu 'Adi & Sa'd)

"Tuhan amat dekat dengan hambanya apabila dia sedang sujud, maka perbanyakkanlah doa (waktu sujud)." (HR Muslim, Abu Dawud & Nasaai)
"Tiga golongan tidak akan ditolak doa mereka: Orang yang berpuasa sehingga dia berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang teraniaya" (HR Tirmidzi)

"Tiga doa yang sangat mustajab, doa orang yang puasa, doa orang yang di zalimi dan orang yang musafir." (HR Ahmad, Bukhari, Abu Dawud & Tirmidzi)

"Wahai Sa`ad, perbaikilah (murnikanlah) makananmu, niscaya kamu menjadi orang yang doanya terkabul. Demi Allah yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya, sesungguhnya seorang hamba yang melontarkan sesuap makanan haram ke dalam perutnya, amal kebaikannya tidak akan diterima selama empat puluh hari. Siapapun yang dagingnya tumbuh dari makanan haram, api neraka lebih layak membakarnya." (HR Thabrani)

"Sesungguhnya di kalangan hamba-hamba Allah ada orang yang apabila memohonkan sesuatu maka Allah akan menerimanya (mengabulkannya)" (HR Bukhari & Muslim)

"Pelankanlah suaramu dalam berdzikir dan berdo'a, karena kamu tidak memohon kepada Tuhan yang tuli dan ghoib." (HR Muslim)

Doa hendak tidur:
"Dengan namaMu wahai Tuhanku, aku baringkan pinggangku dan karena Engkau aku mengangkatnya; jika Engkau tahan jiwaku (Kau ambil jiwaku) ampunilah diriku, jika Engkau lepaskan ruhnya, maka peliharalah diriku sebagaimana Kau pelihara hamba-hambaMu yang salih." (HR Jama'ah)

Doa bangun tidur:
"Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah kami mati. Dan kepadaNya kami kembali." (HR Bukhari)

Doa berjalan ke masjid:
"Ya Allah, jadikanlah dalam hatiku cahaya, dalam pandanganku cahaya, pada pendengaranku cahaya, sebelah tangan kananku cahaya dan pada sebelah tangan kiriku cahaya, di atasku cahaya, di bawahku cahaya, di mukaku cahaya dan di belakangku cahaya dan jadikanlah bagiku cahaya." (HR Bukhari)

Doa keluar dari masjid:
"Ya Allah, aku memohon kepadamu kurniaanMu". (HR Muslim, Abu Dawud dan Nasaai)

Doa selesai makan:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makanan kepada kami, memberi minuman kepada kami dan menjadikan kami dari golongan Muslim". (HR Abu Dawud, Tirmizi, Nasaai & Ibnu Majah)

Doa ketika mendengar guruh:
"Ya Allah, jangan Engkau bunuh kami dengan murkaMu dan jangan Engkau binasakan kami dengan siksaMu dan selamatkan kami sebelum itu". (HR Tirmizi, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak, dari Abdullah bin Umar)

Doa kepada pengantin:
"Semoga Allah memberkati engkau dan memberkati atas kau dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan." (HR Bukhari, Muslim & empat ahli hadis, dari Anas & Abu Hurairah r.a)

Doa ketika melihat anak-anak:
"Aku bermohon perlindungan untukmu dengan kalimat Allah yang sempurna dari setiap syaitan dan racun, dan dari setiap mata yang membawa kejelikan". (HR Bukhari, dari Ibnu Abbas r.a)

Tidak ada komentar: