Senin, 12 November 2007

Tawakal

Pengertian tawakal itu biasanya diplesetkan sebatas pasrah total kepada Allah. Namun arti sebenarnya dari tawakkaal didalam Islam adalah :

1. Bersandar dan bergantungnya hati kepada Alloh bersama atau berbarengan dengan semua hal yang berkaitan dengan hubungan sebab akibat.
2. Tawakal juga mewajibkan iman atau keyakinan bahwa Allah itu tidak akan menyia-nyiakan sekecil apapun amaliah seseorang, baik berhasil atau gagal.
3. Tawakal juga berarti membudidayakan atau memberdayakan apa yang ada pada diri kita kemudian mencari penyelesaian akhir disisi-Nya.

Jadi tawakal itu selalu mempunyai dua sisi yang tidak bisa dilepaskan, antara upaya maksimal dan pasrah serta ridho dengan keputusan Allah dengan tetap meyakini bahwa semua itu tidak akan disia-siakan oleh Alloh. Sebagai contoh adalah hadis dibawah ini.

“Dari Anas ra. berkata : “Pada suatu hari datanglah seorang lelaki menemui Nabi Saw. dengan mengendari unta betina. Kemudian ia tinggalkan begitu saja unta itu disalah satu pintu masjid dan masuk menemui Rasul. Melihat hal itu Rasul SAW bertanya kepada orang itu kenapa ia tinggalkan untanya didepan pintu masjid tanpa ditali. Orang itupun menjawab : “Memang aku biarkan dia karena aku tawakal kepada Alloh.” Mendengar itu Nabi SAW bersabda : “Tali dahulu kudamu barulah kamu tawakal kepada Alloh.” (Tirmidzi)

Tidak ada komentar: