Minggu, 11 November 2007

Memilih penitipan anak, ketika istri bekerja diluar

Pada hakekatnya seorang ibu mempunyai tugas utama selain melayani suami, yaitu mengawasi, mengatur dan membimbing anak-anak. Apalagi jika ibu mempunyai anak yang masih kecil atau balita maka seorang ibu harus tahu betul bagaimana mengatur waktu dengan bijaksana.

Namun, jika dilihat dari sisi tinggi rendahnya perekonomian masing-masing keluarga sangat bervariasi. Bagi keluarga yang sudah mapan atau mampu untuk beaya kehidupan, mungkin tak pernah mengalami berbagai masalah. Namun bagi suatu keluarga yang tingkat ekonominya rendah, pas-pasan atau bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, solusi yang diambil adalah istri ikut bekerja untuk menopang kekurangan penghasilan suami.
Sedangkan disisi lain, zaman sekarang banyak kaum wanita yang bekerja dengan alasan mempunyai kesempatan atau mampu untuk menjalankan profesi yang ia geluti.
Dampaknya, akan terlihat pada kondisi keluarga terutama anak, seperti berkurangnya perhatian baik kasih sayang, pelajaran, maupun psykologinya. Untuk itu si ibu harus pandai-pandai mengatur waktu untuk keluarga bagaimana keluarga khususnya anak tetap memperoleh perhatian.

Solusi yang didiambil adalah dengan menitipkan anak pada orang tua (kakek-nenek) atau institusi penitipan anak. Namun bagaimana cara mencari institusi yang betul-betul dapat membuat anak dapat membentuk kepribadian yang baik dan benar dari berbagai segi, mulai dari akidah, akhlaq, etika maupun pelajaran sekolah. Untuk itu orang tua harus selektif dalam memilih institusi yaitu :
- Institusi yang memahami akidah Islam, sehingga sedikit banyak anak-anak kita mendapatkan bimbingan atau sentuhan tauhid sejak dini.
- Menerapkan bimbingan akhlaq yang tidak jauh menyimpang dari akhlaq Rasulullah atau akhlaqul karimah.
- Menanamkan etika menurut ajaran Islam sejak dini, baik pada sesama orang maupun lingkungan.
- Menanamkan rasa kasih saying baik kepada siapa saja.
- Yang memahami perepan psykologi terhadap anak sejak dini.

Karena jika orang tua tidak memperhatikan semua ini, maka sangat memungkinkan nantinya kepribadian anak akan terkena dampak pengaruh lingkungan yang negative, seperti kasus-kasus kenakalan remaja, narkoba, dan sebagainya.

Pengorbanan ini semua akan menjadi suatu kebahagiaan jika melihat anak-anaknya bertumbuh menjadi pribadi yang kuat dan stabil
Namun tugas berat seorang ibu harus didukung dan dibantu sepenuhnya oleh suami sehingga meringankan pekerjaan istri dan dapat menjaga keutuhan serta keharmonisan rumah tanggapun baik. (Imam)

Tidak ada komentar: