Kamis, 22 November 2007

Salju di Puncak Gunung Api Tertinggi di Dunia

Adik-adik yang soleh, kalian tahu tidak gunung api tapi selalu diselimuti salju ?
Jika kalian membuka peta benua Afrika, tepatnya diperbatasan Kenya-Tanzania, disitu akan terlihat gunung yang bernama Kilimanjaro. Gunung ini termasuk gunung api tertinggi didunia dengan tiga puncaknya yang bernama Shira Peak di ketinggian 3.962 meter, Kibo 5.895 meter dan Mawensi.5,148 meter diatas permukaan laut dan termasuk gunung api tertinggi didunia. Yang lebih unik lagi ketiga puncak ini selalu diselimuti salju abadi, maksudnya salju yang tidak pernah meleleh meskipun terletak dibawah garis khatulistiwa dengan suhu minus 1 derajat celcius, hiih. .dingin sekali ya ?.

Untuk mencapai kepuncak, selain ketinggian serta sulitnya medan, tantangan berat lainnya bagi para pendaki adalah iklim yang berlawanan ketika sampai dipuncak, yaitu cuaca yang berlawanan, kadang-kadang dingin yang menggigil lalu panas yang membakar. Belum keganasan alam Kilimanjaro dengan jurang yang terjal, curam serta salju yang bisa membuat badan membeku. Namun, jika kalian ingin kesana tidak perlu cemas karena disana akan dijumpai biro-biro perjalanan wisata yang menawarkan pendakian ke gunung dengan peralatan khusus untuk keselamatan dan keamanan.

Selain tinggi, Kilimanjaro ini dikenal dengan mata air sungai es di garis equator yang diperkirakan telah ada sejak abad kedua, dan diketemukan oleh para pendaki pada abad ke-19. Sedangkan diberbagai sisi kaki gunungnya, kita dapat melihat glasier-glasier es atau salju mencair yang menjulur-julur dari puncaknya yang putih. Diantara lapisan-lapisan glasier ini yang terbesar diberi nama Diamond dan Darwin.

Selain gunung yang tinggi, keindahan panorama alam lainnya yaitu, hutan tropis yang subur membujur disepanjang lereng-lereng, dari atas sampai kebawah dengan mata air dingin yang mengalir disana-sini. Pemandangan lain yang tak kalah menariknya adalah suasana alam seperti yang sering ditayangkan pada film-film dokumenter satwa liar ditelevisi, yaitu bagaimana tingkah laku berbagai jenis satwa liar khas Afrika seperti gorilla, singa, cheetah, hyena, jerapah, wild deebest, macan tutul dan lainnya yang saling berlarian, mengejar dan membunuh mangsanya. Naah.. ditaman nasional Tanzania-Kenya inilah suasana tersebut benar-benar terjadi, hingga para turis benar-benar dimanjakan oleh keadan alam asli ciptaan-Nya ini, subhanallah.....

Namun puncak salju abadi tertinggi dunia ini sebentar lagi terancam hilang akibat mencairnya lapisan es karena perubahan iklim pemanasan global bumi dan pembalakan liar yang dilakukan oleh para pendduk dengan membakar hutan untuk perkebunan. Kini hampir setiap hari salju yang mencair kebawah sepanjang lereng-lereng gunung semakin besar. Menurut para ahli yang meneliti, puncak salju gunung Kilimanjaro ini pada tahun 2020 akan lenyap dan berakibat buruk pada lingkungan sekitarnya.

Sayang sekali ya.,adik-adik, ciptaan Allah yang luar biasa indahnya ini harus dirusak oleh tangan-tangan manusia yang serakah serta tidak pernah bersyukur atas nikmat –Nya ini. (Haidar).

Tidak ada komentar: