Senin, 03 Maret 2008

Paralayang

Kalian pernah bermimpi jadi burung yang dapat bebas melayang-layang diudara ? kalau ya, ikutilah olah raga yang satu ini yaitu Paralayang atau disebut Gantole. Olah raga ini adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas dengan menggunakan sebuah parasut yang memanfaatkan kekuatan angin sehingga orang dapat melayang-layang tinggi di angkasa luas, merasakan desiran angin dalam kesunyian dari sebuah ketinggian di angkasa raya sehingga dapat melihat serta mensyukuri betapa besar, betapa luas dan betapa indah nikmat ciptaan Allah.

Atlet yang akan melakukan olah raga ini sebelumnya berdiri di bibir tebung gunung atau bukit dengan parasut yang siap dikembangkan. Setelah berlari dan payung mengembang lalu atlet meloncat dan parasut akan melayang tinggi di angkasa. Adapun dorongan angin terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena suhu panas (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh.

Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya perlengkapan yang berupa parasut, harness, parasut cadangan yang digendong dipunggung, sepatu laras panjang dan helm, cukup praktis kan..?. Olah raga ini kelihatannya ngeri dan berbahaya, tapi akan aman jika dilakukan sesuai prosedur dan menuruti instrupsi pelatih yang sudah dipercaya oleh PLGI ( Persatuan Olahraga Dirgantara Layang Gantung Indonesia) atau FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).
Asyik kaan..apa lagi kalau mau membawa kamera ...subhanallah..hasilnya....inilah keagungan Allah. (Hbb).

Tidak ada komentar: