Senin, 03 Maret 2008

Hidup Sehat cara Rasul

Sebenarnya, jika kita tahu dan menyadari, pola hidup dan makan kita bisa dikatakan sembarangan. Hal inilah yang dapat mendatangkan berbagai penyakit di usia belum begitu senja. Misalnya, keracunan makanan, lever, jantung, kencing manis asam urat dan lain sebagainya.
Oleh karena itu jauh sebelum ilmu-ilmu kedokteran atau para ilmuwan menyelediki sebab-sebab terjadinya berbagai macam penyakit, Rasulullah sudah dulu mengajarkan atau menerapkan bagaimana kita dapat menghindari dan mencegah penyakit-penyakit tersebut sedini mungkin, meski pengaruhnya dapat anda rasakan nanti di usia tua, antara lain :

Setiap bangun tidur atau pagi, Rasulullah selalu meminum segelas air putih yang sejuk (bukan air es). Karena air putih yang sejuk turut membangunkan usus setelah tidur semalaman. Akibatnya usus berkontraksi yang menjadikan pencernaan menjadi lancar, bebas sembelit atau mulas.

Biasakan mandi pagi sebelum subuh karena air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi penimbunan lemak sehingga dapat mencegah kegemukan.

Rasul selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum Subuh melaksanakan sholat sunnah dan sholat fardhu berjamaah. Semua ini memberi hikmah yang mendalam seperti
- Mencari pahala atau ridho Allah
- Kesegaran udara subuhsangat bagus untuk kesehatan atau terapiu berbagai macam penyakit.
- Memperkuat pikiran dan menyehatkan badan.

Ketika sholat Shubuh disunahkan bertafakur (sujud minimal satu menit dengan membaca do’a). Hal ini dapat menghindarkan kepala atau migrain. Ternyata benar setelah diteliti,kenapa kita di harus sujud setiap hari ? Karena darah akan mengalir beberapa milimeter ke ruang udara dalam saluran darah di kepala yang tidak dipenuhi darah sehingga dapat menghindarkan migrain atau sakit kepala sebelah.

Nabi selalu minum air putih setiap bangun tidur hingga menjelang waktu tidur kembali. Ternyata setelah melalui berbagai penelitian apa yang di lakukan Rasul tersebut memiliki dampak kesehatan dan kebugaran tubuh yang luar biasa. Air putih yang masuk ketubuh kita dapat membantu untuk mengeluarkan racun (toksin) dalam tubuh melalui kencing dan keringat. Setidaknya, dalam satu hari tubuh membutuhkan dua sampai tiga liter air putih yang sehat dan bebas dari pengaruh kimia sehingga aman bagi tubuh.

“Dan apabila aku sakit, maka Allah yang menyembuhkanku” (QS (As-Shu’araa : 80)

Tidak ada komentar: