Jumat, 02 Mei 2008

Jalan Kaki, Murah tapi Sangat Menyehatkan




Rasulullah bersabda : "Mu'min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mu'min yang lemah ......"(HR Muslim)

Jika di cermati artian dari hadist tersebut semua kaum muslim di anjurkan untuk mempunyai tubuh atau badan yang sehat seperti Rasulullah. Beliau adalah manusia paling sehat didunia, karena tidak pernah sakit selama hidupnya. Langkahnya tegap, kaki maupun tangannya kuat, lincah dan larinya cepat ketika di medan peperangan. Lalu bagaimana Rasul bisa menjaga kesehatan, stamina dan kebugarannya ?
Selama hidupnya Rasul lebih banyak berjalan kaki di atas pasir dari pada naik onta. Beliau hampir setiap hari selalu menyempatkan diri untuk selalu berjalan kaki, baik ke Masjid, Pasar, mengunjungi rumah sahabat, medan jihad, dan sebagainya kecuali perjalanan atau medan yang sangat jauh untuk di tempuh.

Manfaat Kesehatan
Manfaat dari berjalan kaki menurut para ahli dunia kedokteran, keringat akan mengalir keluar sehingga pori-pori terbuka dan peredaran darah akan berjalan lancar. Ini sangat penting untuk mencegah dan menurunkan resiko serangan pada jantung dengan meningkatkan efisiensi pada penyakit pembuluh-pembuluh koroner, otot dan persendian, tulang, metabolisme, otak. Pada sistem pengaturan gula di dalam tubuhpun akan lebih baik sehingga banyak penderita diabetes mellitus dapat mengurangi kebutuhan insulin bila mereka melakukan latihan jalan kaki.

Tubuh Langsing
Jalan kaki kebugaran merupakan olah raga ideal untuk menjaga berat badan, karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Kalau jumlah kalori yang di gunakan untuk jalan kaki sama dengan yang di konsumsi, orang dapat memelihara berat badan. Jika kalori yang terbakar lebih banyak dari yang di konsumsi, bisa menurunkan bobot badan. Yang tak kalah pentingnya, jalan kaki dapat meningkatkan gambaran diri serta mengurangi depresi (susah berkepanjangan) dan kecemasan. Di samping itu juga menguatkan otot-otot, ligamen, tendon, dan tulang rawan, mengencangkan otot-otot kaki, menguatkan tulang. Khusus pada wanita muda, jalan kaki dapat memperlambat terjadinya osteoporosis (keropos tulang)

Kenapa Rasulullah selalu berjalan, berlari atau bergerak cepat ketika di medan perang ? Beliau membiasakan jalan kaki diatas pasir. Karena dengan berjalan kaki di medan pasir, akan lebih berat karena kaki agak sedikit terbenam kedalam pasir, tapi lebih cepat mendapat hasil. Sekadar contoh, dengan jalan di atas pasir, seseorang dengan bobot sekitar 75 kg akan membakar kurang lebih 275 kalori per jam. Makin empuk pasirnya, makin besar beban latihannya. Selain itu membuat kerja otot-otot lebih keras. Pada waktu jalan, pasir menyerap getaran lebih banyak daripada jalan aspal. Mendaki bukit-bukit pasir memberikan latihan lebih besar pada otot-otot pantat. Untuk mengencangkan paha, dapat berjalan dalam air sedalam betis sampai pinggang.

Tidak ada komentar: