Jumat, 02 Mei 2008

Free Diving


Free Diving atau Selam bebas adalah sebuah olahraga air yang termasuk sebagai olahraga ekstrim Komite Olympiade Internasional (IOC), di mana penyelam mencoba mencapai kedalaman tanpa bantuan alat pernafasan. Cabang yang selalu di pertandingkan di lintas benua ini dibagi menjadi tiga nomor, yaitu statik, dinamik dan kedalaman.
- Statik Apnea adalah menahan nafas dan biasanya dilaksanakan di kolam renang,
- Dinamik Apnea adalah renang di bawah air jarak jauh tanpa peralatan sirip dan oksigen.
Kompetisi ini biasa di lakukan di kolam, sungai bahkan di danau es yang airnya hii...dapat
menggigit tulang.
- Kedalaman, Kompetisi Berat Konstan untuk renang perseorangan di lakukan di perairan
yang sangat dalam dengan beban pemberat sled. Untuk turun lebih jauh penyelam di pandu
dengan tali dengan pemberat, dan alat pengontrol pengambangan berupa kantung udara
yang di beri nama tether untuk naik ke permukaan..

Untuk turnamen Free diving champion-consentration dan Ocean Open lebih berbahaya lagi, karena harus di lakukan di laut terbuka yang penuh dengan hiu-hiu ganas, karena itu para penyelam bebas ini tubuhnya selalu di olesi shark oil (minyak anti hiu). ***

Rekor-rekor Dunia

Rekor dunia untuk kategori "No Limit" dari lomba selam bebas dipegang oleh penyelam Prancis Loic Leferme. Pada 30 Oktober 2004 dia menyelam ke kedalaman 171 m, di Villefranche, Nice, Prancis; melewati rekor dia sebelumnya lebih dalam 9 m. Rekor wanita sekarang dipegang oleh Tanya Streeter, yang menyelam sampai 160m (524,8 kaki) pada 17 Agustus 2002. Rekor tak resmi dipegang oleh Audrey Mestre (166 m) istri dari legenda Francisco "Pipin" Ferreras; yang akhirnya tenggelam saat mencoba memecahkan rekor 171m (561 kaki). Selam bebas ini juga pernah di buat film dengan judul Le Grand bleu (The Big Blue) oleh Luc Besson tahun 1988.







Tidak ada komentar: