Kamis, 10 April 2008

Bungee Jumping, Olah Raga Bernyali Tinggi


Ketika kalian berdiri di puncak menara atau gedung, lalu melihat kebawah bagaimana rasanya, ngeri dan takut jatuh ya ? Tapi di olah raga yang satu ini, perasaan-perasaan seperti itu tidak berlaku lagi dan harus di buang jauh-jauh, karena para atlitnya memang diharuskan meloncat dari atas kebawah, namanya Bungee Jumping.

Bungee Jumping adalah jenis olahraga dimana atlitnya akan loncat atau dijatuhkan dari ketinggian ratusan meter dari permukaan tanah. Untuk pengamanannya hanya di topang seutas tali yang kuat, lentur dan diikatkan pada kedua atau satu kaki maupun pinggang. Tetapi yang menarik dari olah raga ini bukan pada saat melakukan lompatan, melainkan saat badan terpental kembali beberapa kali oleh tali elastis yang diikatkan tadi sampai daya lenturan tali benar-benar berhenti, sehingga orang tersebut akan bergelantungan
.
* * * * *
Masuk Cabang Olimpiade

Bungee jumping, sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 1930, namun baru populer setelah A J Hackett melakukan lompatan dengan ketinggian 250 kaki di Clifton Suspension Bridge, Bristol, Inggris. Meskipun ia lalu ditangkap, tapi tidak membuatnya jera, dan melakukan aksi-aksi yang heboh lagi di Golden Gate dan Royal Gorge Bridges yang kemudian menyebarkan konsep bungee ini keseluruh dunia. Bahkan pada 1982 mereka nekat melompat dari balon udara, Greengithe Bridge, Auckland's dan menara Eiffel, Perancis. Sejak itulah olah raga ini mulai berkembang dan sering dipertandingkan di negara-negara Asia, Eropa dan Amerika. Namun di tingkat Internasional rencananya akan menjadi pertandingan eksibisi pada Olimpiade Beijing 2008 nanti.

* * * * * *

Tidak ada komentar: